Wajib Tau, Inilah 5 "Penyakit Musiman" Motor Matic Dan Solusinya
Gak bisa dipungkiri, motor matic itu adalah kendaraan favorit masa kini. Gak cuma ibu-ibu, motor matic ternyata juga jadi favorit para remaja masa kini karena lebih mudah dipakai dan kesannya lebih kekinian.
ZonaBikers.com
Sayangnya, meski cukup digandrungi, masih banyak pengguna matic yang belum menyadari 'penyakit musiman' alias masalah yang kerap terjadi pada motor matic lho! Sedih ya?
Nah, biar lebih kenal dan gak asal pakai saja berikut kami berikan daftar masalah apa saja yang kerap terjadi pada motor matic dan bagaimana cara mengatasinya. Check this out!
1. Tarikan gas motor berat.
hondacengkareng.com
Jadi, motor matic itu hampir 80 persen performanya bergantung pada tarikan gas. Untuk itu, kalau kamu gak pintar-pintar merawat maka bisa jadi tarikan gas motor jadi berat.
Nah, tarikan motor berat ini bisa jadi karena filter udara yang menjadi penyaring udara masuk ke dalam ruang bakar kotor karena tercampur partikel kotoran dan debu. Sehingga bikin tarikan motor jadi super berat.
Mengatasinya gampang banget kok! Kamu cukup rajin-rajin cek kondisi saringan udara. Khusus motor matic, kini sudah banyak yang menggunakan filter udara jenis basah di mana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.
2. Motor suka mendadak mati.
otomotifnet.com
Tahu gak sih, penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat? Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi kurang dan bikin motor matic-mu suka tiba-tiba mendadak mati.
Untuk mengatasi masalah tersebut, segera bawa motor matic-mu ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah untuk klep ini berbeda-beda lho! Biar gak salah, kamu memang wajib melakukan pengaturan langsung ke bengkel.
3. Mesin jadi panas banget pas dipakai.
otomotifnet.com
Kamu perlu tahu guys, salah satu masalah yang kerap terjadi pada motor matic itu adalah mesin jadi cepat panas saat dipakai. Nah, penyebab panas atau overheat pada motor ini ternyata adalah karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat.
Ya, overheat dilaporkan terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.
Untuk mengatasinya, kamu bisa menunggu mesin sampai benar-benar dingin. Setelah itu, lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, nyalakan motor menggunakan starter elektrik.
4. Gas sering nyandat ketika digunakan berkendara.
federaloil.co.id
Gak bisa dipungkiri saat digunakan terlalu lama, gas motor matic itu terkadang suka nyandat atau tarikannya gak mulus. Kabarnya ini karena lubang kecil pada tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator tersumbat. Sumbatan ini kabarnya bikin sirkulasi udara jadi hilang sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.
Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.
5. Rem suka gak cakram pas dipakai.
mpm-motor.co.id
Rem adalah salah satu bagian dari motor matic yang paling cepat rusak. Wajar kalau cepat rusak, soalnya rem itu pasti sering dipakai apalagi kalau melewati jalan turunan.
Untuk mengatasinya hal ini, maka kamu wajib mengerti tanda-tanda kalau kanvas rem itu sudah gak cakram. Ketika handle rem depan atau belakang ditekan kuat-kuat, tangkai rem terasa keras serta pengereman kurang pakem atau handel rem terasa dalam saat ditekan.
Kalau kamu sudah merasakan itu di motor matic-mu maka segera ganti kanvas rem agar rem jadi cakram dan gak blong.
Gimana, sudah tahu kan 'penyakit musiman' apa saja yang dialami sama motor matic? Mulai sekarang, kalau motor matic-mu mengalami hal seperti di atas jangan dibiarin aja ya. Langsung diperbaiki biar gak makin parah rusaknya. (idntimes.com)
ZonaBikers.com
Sayangnya, meski cukup digandrungi, masih banyak pengguna matic yang belum menyadari 'penyakit musiman' alias masalah yang kerap terjadi pada motor matic lho! Sedih ya?
Nah, biar lebih kenal dan gak asal pakai saja berikut kami berikan daftar masalah apa saja yang kerap terjadi pada motor matic dan bagaimana cara mengatasinya. Check this out!
1. Tarikan gas motor berat.
hondacengkareng.com
Jadi, motor matic itu hampir 80 persen performanya bergantung pada tarikan gas. Untuk itu, kalau kamu gak pintar-pintar merawat maka bisa jadi tarikan gas motor jadi berat.
Nah, tarikan motor berat ini bisa jadi karena filter udara yang menjadi penyaring udara masuk ke dalam ruang bakar kotor karena tercampur partikel kotoran dan debu. Sehingga bikin tarikan motor jadi super berat.
Mengatasinya gampang banget kok! Kamu cukup rajin-rajin cek kondisi saringan udara. Khusus motor matic, kini sudah banyak yang menggunakan filter udara jenis basah di mana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti. Sisi positifnya adalah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.
2. Motor suka mendadak mati.
otomotifnet.com
Tahu gak sih, penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat? Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi kurang dan bikin motor matic-mu suka tiba-tiba mendadak mati.
Untuk mengatasi masalah tersebut, segera bawa motor matic-mu ke bengkel terpercaya untuk di-setting sesuai standar motor karena satuan yang digunakan adalah untuk klep ini berbeda-beda lho! Biar gak salah, kamu memang wajib melakukan pengaturan langsung ke bengkel.
3. Mesin jadi panas banget pas dipakai.
otomotifnet.com
Kamu perlu tahu guys, salah satu masalah yang kerap terjadi pada motor matic itu adalah mesin jadi cepat panas saat dipakai. Nah, penyebab panas atau overheat pada motor ini ternyata adalah karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat.
Ya, overheat dilaporkan terjadi karena ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.
Untuk mengatasinya, kamu bisa menunggu mesin sampai benar-benar dingin. Setelah itu, lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat. Setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan, nyalakan motor menggunakan starter elektrik.
4. Gas sering nyandat ketika digunakan berkendara.
federaloil.co.id
Gak bisa dipungkiri saat digunakan terlalu lama, gas motor matic itu terkadang suka nyandat atau tarikannya gak mulus. Kabarnya ini karena lubang kecil pada tutup tangki yang berfungsi sebagai ventilator tersumbat. Sumbatan ini kabarnya bikin sirkulasi udara jadi hilang sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.
Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.
5. Rem suka gak cakram pas dipakai.
mpm-motor.co.id
Rem adalah salah satu bagian dari motor matic yang paling cepat rusak. Wajar kalau cepat rusak, soalnya rem itu pasti sering dipakai apalagi kalau melewati jalan turunan.
Untuk mengatasinya hal ini, maka kamu wajib mengerti tanda-tanda kalau kanvas rem itu sudah gak cakram. Ketika handle rem depan atau belakang ditekan kuat-kuat, tangkai rem terasa keras serta pengereman kurang pakem atau handel rem terasa dalam saat ditekan.
Kalau kamu sudah merasakan itu di motor matic-mu maka segera ganti kanvas rem agar rem jadi cakram dan gak blong.
Gimana, sudah tahu kan 'penyakit musiman' apa saja yang dialami sama motor matic? Mulai sekarang, kalau motor matic-mu mengalami hal seperti di atas jangan dibiarin aja ya. Langsung diperbaiki biar gak makin parah rusaknya. (idntimes.com)